Thursday 23 May 2013

Biografi Drummer Jazz Art Blakey & Billy Cobham

Haiii sobat.....kemarin kita sudah membahas tentang Drummer Wanita Terbaik, kali ini kita akan membahas Biografi Art&Blakey

cekidoooottt....!!!!!



ART BLAKEY
Lahir pada tahun 1919, Art Blakey memulai karir musiknya seperti yang dilakukan banyak musisi jazz di gereja. Waktu usia dini ia sangat mahir dalam bermain piano. Karirnya di piano berakhir ketika dia manggung di klub malam Pittsburgh dimana ia diperintahkan untuk pindah dari piano ke drum. Sebagai drummer muda, Art Blakey datang di bawah pengawasan drummer legendaris dan pemimpin band Chick Webb, Art menjabat sebagai pelayannya.
Pada tahun 1937, Art kembali ke Pittsburgh, dia membentuk band sendiri, bekerja sama dengan Mary Lou Williams Pianist. Melalui dunia Jazz pada tahun 1939, ia memulai tur manggung tiga tahun dengan Fletcher Henderson. Setelah setahun di Boston dengan pertunjukan di Toc Tic klub, ia bergabung dengan Billy Eckstine, manggung dengan orang seperti Charlie Parker, Dizzy Gillespie, dan Sarah Vaughn.
Pada tahun 1948, Art ia mengunjungi Afrika, di mana ia belajar polyrhythmic drum dan diperkenalkan ia dengan Islam, mengambil nama Abdullah Ibnu Buhaina. Saat itu di akhir tahun 40an terbentuklah Jazz Messengers Band yang dipimpin Art sendiri. Art meninggal tahun 1990 pada usia 71 setelah karirnya yang membentang dari enam dekade terbaik dari musik jazz. 



BILLY COBHAM


Sejak terobosan di awal tahun 1970an sebagai anggota dan pendiri Mahavishnu Orchestra, dan sebagai drummer/pemimpin rekaman (seperti Spectrum). Style permainannya yang memberikan pengaruh yang kuat terhadap jalannya jazz dan jazz fusion. Billy Cobham tetap seorang penjelajah musik tak kenal lelah.
Lahir di Panamanian, Lebih dari 25 tahun, Cobham telah mengembangkan sayapnya, tidak hanya sebagai drummer utama dan perkusi tetapi sebagai komposer, produser, pendidik, dan dokter yang memberikan pelayanan melalui musik bahkan saat ia terus memperluas ekspresi kreatif pribadinya.
Rekaman terbaru Cobham itu, hasil dari Loom dirilis pada bulan April 2008 melalui jejak sendiri, Ia reprises dua komposisi paling terkenal dari 70-an, "Spectrum" dan "Crosswinds". 

1 comment: